Monday, September 04, 2006

Jangan Buang Komik Tua

Bagi para penggemar dan kolektor komik, rawat dan simpan baik-baik komik-komik Anda. Kalau suatu saat lagi bokek, ternyata koleksi tersebut cukup berharga.

Minggu lalu, aku diajak teman sesama penggemar komik ke toko buku loak "Goedang Boekoe" di Pasar Festival, Kuningan. Aku dibelikan komik yang lama aku cari, Conan Saga. Toko itu punya 6 jilid, dan sebenarnya belum mau dijual karena masih menunggu beberapa jilid lagi yang lagi mereka buru. Jika koleksinya komplet, mungkin harganya bisa Rp 50.000 jilid. Tapi temanku akhirnya bisa membeli dengan harga Rp 225.000 untuk 6 jilid buku tua. Jika itu buku baru, harganya hanya mencapai Rp 12.500 per buku, jika dibandingkan dengan harga komik sekarang yang ketebalan dan ukurannya serupa.

Aku juga ditawari serial Tapak Sakti karya Tony Wong. Seluruhnya ada sekitar 100 jilid komik tipis. Harga satu komik seperti tertera di pojok bawah komiknya adalah Rp 2.500. Mereka menawarkan dengan harga pas tidak bisa ditawar lagi sebesar Rp 1.200.000. Biasanya mereka jual dengan harga Rp 1.600.000. Tapi karena temanku sudah belanja lebih dari Rp 1.500.000, maka diberi harga khusus.

Ada juga komik Mahabarata karya komikus R. A. Kosasih sebanyak 4 set masing-masing setebal 300-an halaman. Aku ingat, komik ini dulu aku baca saat masih duduk di bangku SD. Melihat buku tersebut seperti melihat kembali kehidupan masa kecilku dulu. Sayang, aku tawar Rp 400.000 tidak juga dilepas. Mereka bersikukuh pada harga Rp 600.000.

Aku langsung terbayang pada koleksi komik yang ada di rumah. Ada Legend of an Emperor, Legend of Condor Heroes, the Return of Condor Heroes, Ode to the Gallantry, the Impeccable Twin I dan II, Pedang Maha Dewa I dan II, dan masih banyak lainnya. Kebayang dalam benak saya, kalau suatu saat tidak punya uang dan kepepet, lumayan juga kalau komik itu dilego. Lebih dari menyimpan emas :)

1 comment:

Unknown said...

Nama saya Dewi Rumapea, saya dari Indonesia, tolong dengarkan, beberapa pemberi pinjaman di sini tidak bersedia untuk membantu Anda, semua yang mereka inginkan adalah untuk merobek Anda uang Anda sulit diperoleh, hal yang paling penting adalah menerapkan untuk perusahaan yang sah.. Suami saya dan saya, mencari pinjaman dari kreditur yang berbeda online tapi pada akhirnya, kami ditipu dan merobek uang kita tanpa mendapatkan pinjaman kami dari perusahaan-perusahaan pinjaman yang berbeda secara.
Kami bahkan meminjam uang untuk membayar pemberi pinjaman ini online tapi pada akhirnya, kita punya apa-apa.
Suami saya dan saya berada di utang, dan kami tidak punya satu untuk lari ke bantuan, bisnis keluarga kami hancur dan kami di mana tidak bisa mendapatkan uang untuk memenuhi biaya sehari-hari sampai kami diperkenalkan kepada Ibu Glory yang membantu kami dengan menawarkan kita jumlah pinjaman tanpa jaminan dari 500 juta tanpa agunan.
Untuk informasi lebih lanjut tentang bagaimana untuk mencapai Ibu. Glory atau mengikuti prosedur pinjamannya, hubungi saya melalui email saya: dewiputeri9@gmail.com
Atau Anda dapat mengirim email ke Ibu Glory ke: gloryloanfirm@gmail.com