Wednesday, October 03, 2007

The Super IQ Test

Malam ini aku mengambil lagi tes IQ yang lain dari Tickle, namanya the Super IQ Test. Pada tes sebelumnya, The Classic IQ Test, saya cukup puas dengan free report, yang hanya menyampaikan ringkasan dari hasil tesnya.

Kali ini, karena penasaran, akhirnya saya rela membayar US$ 9.95 untuk membeli laporan hasil tes selengkapnya. Laporan hasil tesnya dapat dilihat pada alamat berikut:

The Super IQ Test - Tickle Personality Tests > Results

Karena saya ingin mengukur kemampuan sendiri dengan sebenar-benarnya, saya membatasi tes ini selama maksimum 1 jam; bisa tidak bisa harus diselesaikan.

Dari 54 soal, saya menjawab 48 soal dengan benar. Dari 6 jawaban yang salah, kategorinya adalah sebagai berikut:
  • 1 jawaban salah karena memang tidak tahu alias blank (soal tentang kemampuan bahasa).
  • 2 jawaban salah karena tidak paham dengan jawaban yang dimaui oleh soal tersebut.
  • 3 jawaban salah karena terjadi salah lihat akibat terburu-buru (soal-soal bergambar).
Hasilnya, score saya kali ini hanya 125. Komentarnya adalah sebagai berikut:

Fami, your IQ score is 125

Your overall intelligence quotient is the result of a scientifically-tested formula based on how many questions you answered correctly. But it's only part of what we learned about you from your answers on the test. We also determined the way you process information.

The way you think about things makes you an Intuitive Investigator. This means you have multiple talents and can do anything you set your mind to. You're able to detect numerical patterns easily and are able to grasp the true complexity of the world, both in its details and in a more abstract form. You've got a sharp logical mind and are adept at using words to get even a difficult point across. The combination of all these things makes you truly brilliant.

How did we determine that your thinking style is that of an Intuitive Investigator? When we examined your test results further, we analyzed how you scored on 8 dimensions of intelligence: spatial, organizational, abstract reasoning, logical, mechanical, verbal, visual and numerical. The 3 dimensions you scored highest on combine to make you an Intuitive Investigator. Only 6 out of 1,000 people have this rare combination of abilities.


***

Karena penasaran, berapa maksimum score yang dapat diperoleh jika seluruh jawaban yang diberikan benar, maka saya kembali menjawab soal-soal yang ada berdasarkan kunci jawaban yang ada pada laporan yang saya beli seharga US$ 9.95 itu. Ternyata, maksimum score adalah 168 dengan tipe intelektual Complex Intellectual.

Jika hanya 3 jawaban pada soal bergambar yang saya betulkan, nilainya menjadi 141 dengan tipe intelektual yang sama dengan 168, yaitu Complex Intellectual.

No comments: