Tuesday, March 18, 2008

Roborovski

Roborovski adalah nama salah satu spesies hamster. Dalam Wikipedia disebut, roborovski adalah hamster terkecil dan tercepat (the smallest and fastest) dari semua spesies hamster. Ia masuk dalam kelompok genus Phodopus.

Minggu lalu, aku membeli sepasang hamster jenis roborovski muka putih. Harganya cukup tinggi dibanding harga hamster lainnya, sepasang Rp 120.000 untuk roborovski muka putih, dan Rp 100.000 untuk roborovski muka coklat, kecuali dibandingkan dengan harga golden hamster yang mencapai Rp 250.000 sepasang.

Karena gerakannya yang lincah, bergerak dengan sangat cepat, hamster ini kurang cocok untuk dipegang-pegang, meski tidak menggigit kalau dipegang dengan ketat. Hamster ini cocok untuk dilihat karena warna bulunya yang indah dan gerakannya yang cepat menjadikan ia lucu untuk diperhatikan. Karena itu, di samping bentuknya yang sangat kecil (4-5 cm), kandang yang cocok untuk roborovski adalah akuarium, bukan kandang jeruji kawat.

Hamster ini memiliki siklus reproduksi yang cukup lama, yaitu sekitar 3 bulan sekali. Bandingkan dengan hamster dominant spot (sepertinya ini nama dagang, karena nama ini tidak ada dalam daftar genus dan spesies hamster) yang bisa melahirkan setiap bulan.

Kalau nanti roborovski yang aku punya melahirkan anak, aku akan segera tulis di blog ini tips pemeliharannya. Karena, kata penjualnya, roborovski suka sulit hamil kalau kondisinya tidak cocok.

No comments: