Sunday, March 16, 2008

Moon Over Byzantium

15 Maret, melalui milis mus-lim@, Djoko Luknanto mengirim sebuah foto berjudul Moon Over Byzantium yang diambil dari Astronomy Picture of the Day situs milik NASA. Berikut adalah fotonya (klik foto untuk melihat gambar yang lebih besar):


Kota yang ada dalam foto itu adalah kota Istanbul, yang sebelumnya dikenal dengan nama Constantinople, ibukota dari Kekaisaran Bizantium (Byzantine Empire), yang awalnya adalah kota Yunani Kuno bernama Byzantium yang didirikan pada tahun 667 BC.

Ketika aku melihat foto tersebut, yang terbayang adalah sebuah kota dengan seluruh perjalanannya yang panjang sejak kota tersebut didirikan dan berkembang menjadi sebuah kekaisaran besar yang pernah ada di dunia ini.

Aku jadi teringat pada kisah-kisah kehidupan kota jaman dahulu yang sering digambarkan dalam novel-novel the Dragonlance Series atau Shannara. Jaman ketika orang masih menggunakan kuda sebagai sarana angkut tercepat.

Aku ingin pergi mengunjungi kota tersebut. Kapan ya?

2 comments:

Yudi said...

apakah latar depannya adalah selat bosporus?

Harry Sufehmi said...

Lhoo.. penikmat novel Dragonlance juga tho, hehe. Kirain cuma saya yang doyan :)

Saya juga main banyak gamesnya, seperti Deathgate, terbang sebagai penunggang naga di DragonStrike, bertualang di Dalelands pada Azure Bonds, dan banyak lagi.
Masa kecil yang menyenangkan :)

Barusan saya nemu bahwa filmnya yang terbaru sudah dirilis. Kalau melihat cat nya, sepertinya seru juga.

Trivia: Tracy Hickman pernah tinggal di Indonesia :)