Thursday, December 27, 2007

Obat Sakit Tenggorokan

Saat tenggorokan sakit dan berdahak, atau suara hilang, saya selalu sibuk dengan minum teh panas campur madu untuk mengobatinya. Tidak lupa, untuk melonggarkan tenggorokan yang terasa tercekik akibat dahak yang menggumpal di sekitar tenggorokan, saya selalu makan permen Fisherman's Friend produksi Lofthouse dengan rasa original extra strong.

Sakit tenggorokan ini sering datang menimpa saya. Biasanya, penyakit ini datang saat fisik kurang fit, lalu saya lupa minum air dingin atau badan terkena AC secara langsung saat di mobil atau saat tidur.

[By the way, ketika penyakit ini datang, saya baru menyadari bahwa usia saya ternyata sudah kurang menunjang untuk bisa minum air dingin sepuasnya, atau tidur hanya memakai sarung tanpa baju, seperti kebiasaan saat masih muda dulu :)]

Sebenarnya ada obat yang sangat manjur dan sederhana, tetapi entah mengapa, sering terlupa saat penyakit ini datang. Yang selalu teringat adalah minum teh panas campur madu. Padahal, teh panas campur madu hanya mampu menambah stamina, tetapi tidak mampu mengobati rasa sakit di tenggorokan atau mengusir dahak yang membandel.

Obat yang sederhana tersebut adalah asam belimbing (averrhoa bilimbi) atau biasa juga disebut dengan nama belimbing asam, asam belimbing wuluh, dan belimbing buloh atau buluh.

Buah ini tersedia setiap saat, karena saya menanamnya di halaman depan rumah. Pohon ini berbuah hampir setiap hari sepanjang tahun tanpa mengenal musim.

Alasan saya menanam pohon asam belimbing ini dulu cukup sederhana, karena saya suka sayur asam atau garang asam. Kedua masakan itu terasa sangat nikmat jika menggunakan asam belimbing sebagai bumbu untuk membuat kedua sayur itu berasa asam. Ternyata, buah asam belimbing juga bisa digunakan untuk mengobati sakit tenggorokan.

Cara pengobatannya juga cukup praktis. Gigit 1 atau 2 buah asam belimbing, lalu hisap airnya. Kalau cukup tahan dengan rasa asamnya, gigit dan kunyah lalu telah buah ini.

Jika Anda mengalami sakit tenggorokan, cobalah obat ini. Tidak perlu memakai antibiotik atau obat batuk lainnya untuk mengusir dahak yang membandel di tenggorokan Anda. Ini adalah obat yang murah meriah tetapi manjur dan tokcer :)

Insya Allah.

4 comments:

Go Blogger!!! said...

Jalan hidup mas fami mantap dech

Melsya n Selsa said...

wah terima kasih pak informasinya, btw kalo pengen nanam pohonnya beli bibitnya dimana ya? thnks

Unknown said...

Pak, minta ilmunya nih ! mudah2an bermanfaat akan saya coba karena yang saya alami sakit tenggorokan terasa terhalang oleh gumpalan dahak, sakit sih tidak, tapi tersa terganggu saja, bisakah pakai belimbing pak !

Layla M. Ifah said...

Thx infonya pak....
saya akan coba, kebetulan lagi sakit banget ampe 2 mingguan padahal dah ke dokter