Saturday, December 08, 2007

Asmindo Berbenah

Sebulan sudah berlalu sejak saya dan kawan-kawan DPM mengambil alih saham PT Arto Selaras Mandiri Indonesia (Asmindo) sejak 6 Nopember lalu. Sudah cukup banyak yang dilakukan untuk membenahi dan memperkuat struktur bisnis Asmindo:
  • Pengurusan dokumen legal yang baru, seperti Pengesahan Kehakiman, SIUP, dan TDP akhirnya selesai pada Kamis (6/12) kemarin. Dokumen ini diperlukan untuk mengurus berbagai keperluan administrasi perusahaan, seperti perubahan otoritas rekening perusahaan dari pemegang saham lama kepada pemegang saham yang baru.
  • Penambahan 2 unit server baru sekaligus penambahan kapasitas rak server yang disewa Asmindo. Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi target trafik per harinya. Dengan server yang lama, Asmindo hanya sanggup menangani sekitar maksimum 200.000 sms per hari. Kini, dengan server yang baru, Asmindo bisa menangani hingga 2 juta sms per hari.
  • Untuk memenuhi target 2 juta sms per hari, Asmindo akan membuka kode akses yang baru pada operator seluler XL dan Fleksi. Targetnya, bulan Desember ini nomor akses atau short code 3689 juga bisa diakses melalui XL dan FLeksi.
  • Untuk bisa mendapatkan nomor akses yang baru pada XL dan Fleksi, Asmindo diminta membuat program layanan sms pada kedua operator tersebut. Khusus untuk XL, mereka meminta produk yang berbasis 3G, dan saat ini kawan-kawan sedang menyiapkannya. Pada saatnya, produk tersebut akan saya umumkan. Saat ini masih menjadi rahasia perusahaan, takut dicuri oleh pesaing Asmindo :)
  • Bekerjasama dengan PT Gramedia Pustaka Utama dan Indosat, Asmindo akan membuka layanan produk VAS (value added services) rich content komik Tintin, seperti kuis Tintin, download wallpaper dan theme Tintin, kartu perdana Tintin, dan lain-lain.
  • Asmindo juga sedang menyiapkan program download untuk ringtones, wallpaper, video, dan theme. Di tengah jalan, program ini bertemu dengan rencana PT Suara Papah Merdu (bukan nama sebenarnya) yang akan menjual lagu-lagu lewat sms dan polling program semacam kontes calon artis yang diselenggarakan oleh perusahaan tersebut bekerjasama dengan sebuah stasiun televisi swasta.
  • Untuk mengoptimalkan server yang ada, Asmindo juga akan membuka bisnis webhosting yang diberi nama Jawara Web. Pasar webhosting di Indonesia, menurut Ardi, konon masih cukup luas. Januari nanti Asmindo akan membuka bisnis ini, dus Asmindo rencana akan merekrut 2 karyawan baru, customer service officer dan staf marketing, untuk membantu Ardi menjalankan bisnis ini.
Ada beberapa program lainnya yang sedang disiapkan oleh manajemen Asmindo, namun saat ini masih berstatus confidential. Secara garis besar, nama-nama program tersebut adalah SMS Agregator, SMS Barcode, dan Mobile Friendster. Untuk itu saya mohon maaf belum bisa membuka informasi detilnya kepada publik :)

1 comment:

Unknown said...

Selamat dan sukses mas Fami, sekarang masih suka bala2 pake cabe rawit ngak? dulu kan banyak makan cabe rawitnya... hehehe...