Wednesday, August 01, 2007

Mutiara Hikmah Sudah Running

Sewaktu UAT Selasa (31/8) kemarin, pengiriman sms promosi yang di-blast dari operator kepada pelanggan direncanakan pada 8 Agustus. Tidak tahunya, hari ini sudah mulai dilakukan pengiriman sms oleh operator. Berapa jumlah sms yang di-blast tidak tahu. Kata Viga jumlahnya mencapai 500 ribu sms. Yang pasti, malam ini peserta program Mutiara Hikmah yang register sebanyak 15.000, yang aktif 10.000. Target peserta 50.000 mudah-mudahan bisa dicapai bulan ini juga, terutama menjelang bulan Ramadhan.

Perasaanku sedikit lega, terutama kepada kawan-kawan yang sudah menempatkan uangnya untuk program Indeks Al-Quran, yang pesertanya baru sekitar 3.000 setelah berjalan 4 bulan lebih, dari target 10.000 peserta dalam tahun pertama ini. Program Mutiara Hikmah memang menjadi plan-B dadakan, untuk mengembalikan modal yang sudah dititipkan kawan-kawan, jika terjadi gagal product pada program Indeks Al-Quran. Bagaimanapun, saya sedikit tertekan oleh beban untuk mengembalikan modal tersebut.

Memang ada perbedaan pendekatan dalam menjalankan dua program ini. Mutiara Hikmah menonjolkan hadiah dan belajar agama, Indeks Al-Quran sepenuhnya menonjolkan belajar agama, terutama kemudahan membaca dan mempelajari Al-Quran. Karakteristik pelanggannya juga berbeda. Yang berbasis hadiah pesertanya jauh lebih banyak tapi biasanya cepat masuk dan cepat keluar, sementara yang berbasis pengetahuan pesertanya lebih sedikit tetapi lebih setia menjadi pelanggan. Jika tidak terjun sendiri dalam bisnis ini, tentu sulit untuk mengidentifikasi perbedaan tersebut.

No comments: