Thursday, July 05, 2007

Ridwan Saidi Ultah Ke-65

Senen, 2 Juli 2007 kemarin, bertempat di Restoran Pulau Dua, Senayan, kami merayakan ulang tahun Bang Ridwan, panggilan akrab Ridwan Saidi, mantan Ketua Umum PB HMI dan budayawan Betawi, yang ke 65. Acara ini menggunakan nama Gerakan Pemuda Islam (GPI) sebagai penyelenggara, meski yang bekerja sesungguhnya hanyalah seorang Aziz Muslim, mantan Wasekjen PB HMI periode Anas Urbaningrum. Untuk membayar biaya makan-makan malam itu, Aziz minta tolong kepada saya, Ahmad Muzani, dan Fadli Zon untuk ikut gotong royong membereskannya.

Alasan Aziz mengadakan acara tersebut cukup sederhana, yaitu hanya karena ingin menghormati Bang Ridwan, yang hingga di usianya ke-65, masih terus gigih berjuang dalam nafas Masyumi: memperjuangkan syariat Islam dan Piagam Jakarta. Terlepas dari kita setuju atau tidak dengan gagasan itu, kita setuju atau tidak dengan caranya ia berjuang, tokoh HMI yang hidupnya sangat sederhana ini menurut Aziz layak untuk diberi penghormatan.

Menurut kesaksian banyak kawan-kawan, Bang Ridwan memang orang yang hidup sederhana. Ia hanya royal pada satu hal: membeli buku atau dokumen tua untuk koleksinya. [Sebagian dari buku-buku dan dokumen-dokumen tua itu kini sudah beralih ke tangan Fadli Zon beberapa bulan terakhir ini. Di samping ia membutuhkan uang untuk keperluan hidupnya, ia juga ingin koleksinya bisa dirawat oleh orang yang tepat, orang yang benar-benar memiliki minat dan mencintai buku dan dokumen tua.]

Malam itu Bang Ridwan didampingi istri dan dua anaknya nampak sangat bergembira di tengah sekitar 50 tamu undangan yang hadir pada acara tersebut. Selamat ulang tahun Bang, semoga khusnul khatimah!

1 comment:

shofwankarim.blogspot.com said...

Alhamdulillah, masih ada warga ummat yang menghargai tyokohnya yang berjuang tanpa pamrih