Monday, April 21, 2008

Jawara Komik

Dalam waktu dekat, mudah-mudahan Asmindo dapat meluncurkan comics online dengan nama Jawara Komik yang bisa diakses melalui web maupun wap. Dengan layanan ini, penggemar komik dapat membeli dan membaca komik secara online, melalui komputer yang tersambung ke internet maupun melalui handphone.

Untuk dapat membaca komik yang tersedia di Jawara Komik, pengguna terlebih dulu harus mendapatkan password yang dapat dibeli melalui layanan sms. Caranya mudah, ketik KOMIK (spasi) KODE_KOMIK kirim ke 3689. Tarip yang berlaku antara Rp 3.000 hingga 10.000. Yang pasti, dibanding dengan membeli komik cetak, harganya jauh lebih murah.

***
Kamis (17/4) lalu, tim Asmindo yang terdiri dari Bima, Hakam, Novri, dan saya memberikan presentasi di depan tim dari Gramedia Penerbit Utama (GPU). Mereka cukup surprise dengan desain yang kami presentasikan, terutama saat kami memperlihatkan tampilan komiknya yang dapat dibuka seperti layaknya membuka lembaran komik.

Sambil bercanda saya menyampaikan, setidaknya ada dua manfaat comics online, yaitu:
  1. Melestarikan hutan kita. Dengan comics online kita tidak lagi memerlukan kertas untuk mencetak. Dengan berkurangnya kebutuhan kertas, maka kebutuhan menebang hutan juga akan berkurang.
  2. Mengembangkan otak kanan bangsa Indonesia. Ke depan, bangsa kita membutuhkan lebih banyak orang yang kreatif, salah satu ciri kelebihan yang dimiliki oleh mereka yang berotak kanan. Seperti sudah diketahui secara umum, orang berotak kanan cenderung (tend to be) subjective, creative, intuitive dan holistic. Sementara itu, orang berotak kiri cenderung analytical, logical, rational dan objective.
Mudah-mudahan, dalam waktu dekat sudah ada beberapa komik yang dapat dijual secara online. Kendala utamanya mungkin soal ijin. Mereka harus meminta ijin tersendiri untuk dapat menjual komik secara online atau mobile kepada prinsipalnya.

No comments: