Wednesday, January 16, 2008

Mobile Blogging

Awal Januari 2008, lupa persisnya, saat rapat persiapan pendirian Koperasi Isnet di gedung Bank Syariah Mandiri, untuk pertama kalinya saya bertemu dengan Harry Sufehmi. Berdua saya mojok ngobrol soal pekerjaan, karena saya tahu Harry Sufehmi adalah salah satu tokoh handal di dunia IT :)

Ketika saya singgung rencana saya membuat layanan mobile blogging berbasis sms premium pada sebuah operator telepon seluler, Harry memberitahu bahwa dirinya sudah punya Kronologger, sebuah microblogging, dengan member aktif sekitar 4000 orang. Disebut microblogging, mungkin, karena isi blognya dibatasi hanya 140 karakter, tidak seperti blog lainnya, misalnya Blogspot, yang bisa meng-upload artikel tanpa batas.

Selama ini Harry sudah mencoba mencari perusahaan Content Provider (CP) yang berminat untuk bekerjasama mengembangkan Kronologger. Harry ingin, Kronologger menambah fiturnya, bisa mengirim tulisannya lewat sms. Dengan demikian, para kroner (sebutan untuk para anggota Kronologger) bisa menginput blognya kapan saja dan di mana saja tanpa perlu menunggu laptopnya tersambung dengan internet. Untungnya, Harry belum ketemu CP yang mau bekerjasama dengan dirinya :)

Dalam hati saya, ini seperti tumbu ketemu tutup alias gayung bersambut. Saya langsung menawarkan kerjasama dengan Mas Harry. Kalau saya ditunjuk oleh operator telepon seluler tersebut untuk menjalankan layanan mobile blogging, saya ingin memakai mesin Kronologger.

Mas Harry tidak keberatan. Mau dipakai engine-nya saja, mau di-rebranding, atau mau digunakan nama Kronologgernya sekalipun, tidak masalah.

Esoknya saya sampaikan kepada kawan-kawan Asmindo kemungkinan bekerjasama dengan Kronologger. Saya lalu mengatur pertemuan antara tim Asmindo dengan tim Kronologger. Setelah pertemuan itu, dankedua belah pihak sepakat, tidak ada keberatan-keberatan, beberapa hari kemudian tim teknis keduabelah pihak saling kontak untuk mempersiapkan hal ihwal komunikasi mesin Kronologger dengan mesin sms Asmindo.

Rencananya, besok Kamis (17/1) pukul 10.00, Asmindo akan memberikan presentasi mengenai mobile blogging yang menggunakan Kronologger sebagai basisnya di depan sebuah operator telepon seluler. Jika tidak ada masalah, mudah-mudahan minggu depan layanan mobile blogging ini sudah bisa dibuka untuk umum.

Semoga!

No comments: