Wednesday, August 01, 2007

UAT Mutiara Hikmah

Selasa (31/8) siang, dilakukan UAT untuk program Mutiara Hikmah di Telkomsel melalui nomor layanan 3545. Kata Viga, UAT kepanjangan dari Uji Aplikasi Teknis. Setelah saya lihat formulirnya, UAT ternyata User Acceptance Test. Semacam test terhadap program sebelum resmi diluncurkan kepada masyarakat.

Sebagai penyedia jasa layanan seluler, Telkomsel --dan tentu saja perusahaan telephone seluler lainnya-- memiliki beberapa aturan yang harus di ikuti oleh Content Provider (CP), perusahaan penyedia jasa layanan VAS (value added services) seperti layanan sms premium, ring back tone (nada sambung pribadi), atau jasa layanan lainnya. Untuk layanan sms premium, misalnya, ada aturan maksimum jumlah sms yang dikirim setiap hari, tarip yang disepakati antara Telkomsel dengan CP, materi layanan, dan beberapa hal lainnya. Sebelum program layanan itu disetujui untuk diberikan kepada masyarakat, Telkomsel terlebih dahulu harus melakukan pengetesan terhadap materi layanan, apakah sesuai dengan spesifikasi teknis yang sudah dibuat mereka atau tidak.

Pelaksanaan test sebenarnya tidak lama. Mereka terutama menguji jawaban atas permintaan REG, materi yang dikirim sesuai jadual (quiz atau info), dan jawaban atas permintaan UNREG. Tidak lebih dari 15 menit, UAT dinyatakan selesai dan program bisa diluncurkan kepada masyarakat. Tanggal 8 Agustus pihak Telkomsel sudah mulai mengirimkan paket blast yang pertama, pengiriman 1,5 juta sms kepada para pelanggannya.

Bagi yang berminat untuk mengikuti program Mutiara Hikmah, silahkan ketik REG MH kirim ke 3545 (hanya untuk Telkomsel). Disediakan hadiah ONH Plus, Umroh, Tabungan Syariah, serta berbagai hadiah mingguan lainnya.

No comments: